2. Rangkaian Simulasi [kembali]
3. Prinsip Kerja [kembali]
Prinsip kerja keypad berdasarkan baris dan kolomnya. Pada praktikum kali ini keypad yang digunakan adalah Keypad 4x4 ( 4 Rows, 4 Columns) artinya akan ada 7 titik yaitu titik R0, R1, R2, R3, C0, C1, C2, dan C3. Saat menekan tombol 1 maka yang akan hidup dan melakukan scanning adalah titik R0C0, saat menekan tombol 8 maka yang akan melakukan scanning adalah titik R2C1, dan begitu juga dengan tombol lainnya sesuai dengan titik yang ada pada Keypad.
4. Flowchart [kembali]
5. Listing Program [kembali]
#include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali
// Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang
char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan
lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD
}
}
6. Analisa [kembali]
Analisa
yang terjadi apabila pin kolom keypad(C0,C1,C3) dibalik urutannya!
Jika
urutan kolom dibalik maka hasil yang didapat akan berbeda
8. Link Download [kembali]


Tidak ada komentar:
Posting Komentar